10 Cara Benar Mencuci Tangan

10 Cara Benar Mencuci Tangan – Mencuci tangan merupakan hal yang wajib di lakukan oleh semua orang tidak hanya kala mau makan saja baru melakukanya, melainkan jika mau bekerja atau memulai aktivitas sebaiknya biasakan juga untuk mencuci tangan, dengan tangan yang segar dan bersih tentunya akan lebih membuat kita merasa percaya diri dan yakin dengan kebersihan tangan.

Ilustrasi Cuci Tangan ( Foto @akusehat.net )

Selama ini mencuci tangan yang kita lakukan apakah sudah benar ? Mencuci tangan itu tidak hanya dengan air saja dan ada beberapa cara yang benar untuk melakukannya.

Berikut ini 10 cara yang benar dalam mencuci tangan yang perlu diketahui dan diterapkan :

  1. Lepas semua cincin yang Anda pakai dan basahi tangan. Kalau memungkinkan, pakai air hangat yang mengalir.
  2. Tuangkan sedikit sabun cair di atas telapak tangan. Sabun batangan kurang higienis di bandingkan dengan sabun cair. Kalaupun hanya ada sabun batangan, letakkan di atas rak agar tidak terendam air.
  3. Gosok kedua tangan selama 20 detik, dan sabun berbusa. Pastikan membasuh di antara jari, di bawah kuku, dan bagian belakang tangan.
  4. Bilas kedua tangan dengan air mengalir minimal 10 detik. Usahakan untuk tidak menyentuh keran usai berbilas. Gunakan handuk bersih ketika menutup keran.
  5. Keringkan tangan dengan handuk bersih.
  6. Gunakan hand lotion untuk mengembalikan kelembaban kulit jika kulit Anda kering.
  7. Ajari cara mencuci tangan tersebut kepada anak – anak.
  8. Cuci tangan secara teratur.
  9. Jika belum mencuci tangan, jauhkan tangan dari mata, hidung dan mulut.
  10. Ketika sedang di luar rumah, karena bekerja atau belanja, dan tidak ada air, gunakan dasar alkohol. Hanya saja, pemakaiannya jangan berlebihan, sebab alkohol dapat membunuh semua bakteri, baik bakteri baik maupun jahat.

Nah, itulah sobat 10 Cara Benar Mencuci Tangan, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa ya sobat di bantu sharenya biar lebih bermanfaat lagi 🙂 Terima Kasih

Add Comment