Hukum Asuransi Dalam Islam

asuransi
Beberapa waktu lalu, dunia tanah air sempat dihebohkan tentang hukum asuransi dalam Islam. Agar tidak salah kaprah, berikut ini video mengenai penjelasan asuransi dalam bentuk simulasi.


Dalam Video Diatas ustadz Ammi Nur Baits, Lulusan Fiqh dan Ushul Fiqh Madinah International University yang dosen-dosennya para ahli fiqh dari Saudi, Mesir dan Yordan, Menejelaskan cara mudah memahami akad asuransi itu haram dan bathil, Karena :

1. PREMI dibayarkan nasabah kepada perusahaan asuransi itu PASTI, namun RESIKO yang terjadi pada nasabah TIDAK PASTI, ini yang disebut dengan “GHARAR”

2. PREMI misal dibayarkan 40 juta dalam 7 tahun, kemudian nasabah mendapatkan pembayaran 120 juta, inilah yang disebut “RIBA”

3. Asuransi akan membayarkan sejumlah uang kepada ahli waris dengan TARUHAN berupa KESEHATAN dan NYAWA seseorang, ini yg disebut dengan “JUDI”.

Jadi, asuransi itu mengandung tiga unsur keharaman yaitu GHARAR, RIBA dan JUDI

Sampai disini silahkan dipahami, semoga bermanfaat. Jelas ALLAH sebaik-baiknya penolong jangan terjebak pemebenaran akan manfaat. Karena semuanya sudah diataur ALLAH.

Silahkan dishare, untuk menambah pengetahuan sodara-sodara kita