Beberapa Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara dan Populer di Indonesia

Tahukah kamu bahwa 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasala dari Indonesia loh. Sekitar 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara. Ikan ini adalah jenis ikan hias yang tinggalnya di air tawar.

Sedangkan untuk pemeliharaan atau pembudidayaannya sendiri ikan hias air tawar ini biasanya dimasukkan ke dalam akuarium atau kolam. Namun, tergantung tujuan pemeliharaan ikan hias juga.

Biasanya ikan hias yang dipelihara untuk kesenangan atau mempercantik ruangan ditempatkan di dalam akuarium.

Sedangkan jika ingin dipelihara atua dijadikan sebagai tujuan untuk budidaya ikan hias air tawar ini ditempatkan di kolam.

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Jenis Ikan Hias Air Tawar Cupang

Ikan Cupang

Youtube.com

moltin.com

moltin.com

Nama ikan hias air tawar ini pastinya tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Kamu pastinya sering menjumpai ikan hias ini di pasar-pasar tradisional.

Banyak juga para pencinta ikan hias, khususnya remaja yang memelihara ikan ini. Jenis ikan cupang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri karena ikan ini biasanya digunakan untuk aduan sesama ikan cupang.

Nah, apabila kamu mempunyai ikan cupang lebih dari satu ekor. Jangan pernah masukkan ikan tersebut di dalam satu tempat.

Sebaiknya letakkanlah ikan-ikan cupang itu ditempatnya tersendiri. Kamu bisa juga menggunakan toples sebagai medianya. Ikan cupang ternyata banyak juga jenis dan variasi warna yang membuat ikan cupang ini sangat indah.

Variasi warna yang kuning, coklat, merah, hijau, biru, abu-abu, dan putih. Bentuk badan ikan hias ini juga agak kecil. Siripnya yang menjuntai hingga terlihat seluruh tubuhnya ditutupi oleh sirip cantik yang berwarna-warni.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Guppy

youtube.com

youtube.com

bing.com

bing.com

Jenis ikan hias air tawar satu ini sangat mudah untuk diperlihara dan paling populer kedua di Indonesia. Ikan Guppy yang mirip dengan wanita yang menggunakan rok ini berasal dari Amerika Selatan.

Ikan hias ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan, oleh karena itulah ikan hias ini sangat cepat peredarannya di dunia. Ikan guppy masuk ke indonesia pada tahun 1920 sebagai ikan hias akuarium.

Uniknya ikan ini dari kepala hingga ekornya terlihat menarik karena ukuran tubuhny tidak lebih dari 2,5 cm saja.

Biasanya anak kecil sangat senang sekali memelihara ikan hias air tawar ini. Selain harganya yang sangat murah, ikan ini juga memiliki kuran mungil. Sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai ikan peliharaan anak kecil.

Ikan hias ini juga mempunya jenis yang sama dengan ikan molly. Ikan molly sangat digemari oleh masyarakat karena keindahan warna dan bentuk siripnya.

Apalagi jika ikan guppy berkelamin jantan, hanya ikan jantanlah yang memiliki sirip cantik. Sedangkan betinanya warnanya cenderung kusam, banyak orang juga mengatakan bahwa ikan guppy betina mirip dengan ikan cupang.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Arwana

detikbuzz.com

detikbuzz.com

detikbuzz.com

detikbuzz.com

Ikan arwana adalah jenis ikan hias air tawar yang mempunyai sisik untuk sehingga akan memikat siapa saja yang melihatnya dan ikan ini paling populer di Indonesia.

Ikan arwana juga sering disebut ikan yang memiliki jenis sendiri yaitu ikan arwana super red. Ikan jenis ini ternyata jkepopulerannya tidak pernah menurun peminatnya.

Selain itu beredar juga mitos yang beredar di masyarakat hingga sekarang yaitu jika memelihara ikan arwana pemiliknya akan diberikan kelancaran rezeki.

Ikan hias ini mempunyai nama latin Scleropages sp. tidak hanya itu sebutan ikan ini juga terbilang unik, diantaranya adalah ikan arwana super red, ikan payang, naga, khayangan, silok, kalasa, siluk, dan kalasa.

Ikan arwana tergolong ikan purba karena telurnya hampir mirip dan besarnya seukuran telur burung puyuh. Tidak hanya itu, ikan ini juga memiliki ukuran tubuh yang sangat besar bisa mencapai 1 meter kurang.

Ikan arawan juga banyak dijumpai di perairan air tawar kalimantan dan papua. Namun, sekarang sudah banyak sekali orang yang membudidayakan ikan hias air tawar ini. Karena ikan ini sangat banyak peminatnya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Louhan

youtube.com

youtube.com

photobucket.com

photobucket.com

Dulu ikan louhan sangat populer di Indonesia. Saking banyaknya orang yang belum pernah memelihara ikan hias, akhirnya mencoba untuk memelihara ikan dan ikan yang dipelihara adalah ikan louhan.

Banyaknya orang secara tiba-tiba menjadi pencinta ikan hias dikarenakan terkenenalnya ikan louhan pada saat itu.

Ikan louhan menjadi terkenal dikarenakan warnanya yang sangat cantik. Selain itu, kombinasi warna sisik ikan louhan juga bisa memberntuk sebuah tulisan.

Serta benjolan yang ada dikepalanya membuat daya tarik tersendiri bagi ikan louhan ini. Dan semakin besar benjolannya, maka akan semakin mahal harga ikan louhan ini.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

.photobucket.com

.photobucket.com

disinisaja.com

disinisaja.com

Ikan hias air tawar yang satu ini sangat mudah dipelihara yaitu ikan mas koki. Ikan hias ini termasuk keluarga ikan mas. Ikan ini dikenal pertama kali di negara Cina sebagai ikan hias masyarakat Cina.

Namun, ikan ini dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Masyarakat Jepang mengembangkan ikan mas koki ini menjadi banyak variasi warna dan bentuknya jauh lebih cantik dari sebelumnya.

Gerakan ikan mas koki yang lucu ini akibat dari badannya yang penuh, namun tetap seimbang. Hal ini juga membuat jenis ikan hias ini menjadi incaran yang paling banyak digemari oleh pecinta ikan hias.