Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Beserta Klasifikasinya

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer di dunia. Ikan koi mempunyai bahasa latin Cyprinus carpio L ikan hias ini pertama kali dikembangkang di negara Jepang. Sebenarnya ikan koi ini adalah ikan mas yang dihasilkan dari persilangan berbagai warna ikan mas (karper).

Pada mulanya, ikan ini hanya ikan yang digunakan untuk konsumsi masyarakat Jepang pada saat itu.Namun, seiring berjalannya waktu ikan ini dikembangbiakkan menjadi banyak jenis warna dan pola warna yang pastinya sangat menarik perhatian.

Perbedaan jenis diantara ikan koi terletak pada warna ikan, sisik dan lainnya. Hal ini membuat ikan koi jauh lebih cantik dan unik dibandingkan dengan jenis ikan koi yang lainnya. Oleh karena itu, banyak orang yang menjadikan ikan koi ini sebagai ikan hias dan tidak lagi mengonsumsinya.

Banyak sekali jenis-jenis ikan koi yang disusun dalam klasifikasi ikan koi. Dalam masing-masing kelas terdapat beberapa sub kategori yang jenisnya cukup banyak.Klasifikasi ikan koi yang umum terdiri atas ikan koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromono, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono.

Nah, dibawah ini pembahasan mengenai jenis-jenis ikan koi beserta gambar nya.

Klasifikasi Ikan Koi Kosanke

Ikan koi Gosanke ini adalah ikan yang paling populer dan banyak sekali ditemukan di kalangan para pencinta ikan koi. Ikan koi ini adalah kombinasi dari ikan koi dengan warna hitam, merah, dan putih kecuali ikan koi Kohaku yang tidak memiliki unsur warna hitam. Ikan koi yang termasuk dalam jenis ini adalah Kohaku, Sanke, dan Showa.

Jenis Ikan Koi Kohaku

koikuyogyakarta.blogspot.com

koikuyogyakarta.blogspot.com

Ikan koi kohaku ini adalah jenis ikan yang memiliki corak warna merah dan putih. Pola merah disebut juga hi, Hi ini harus tebal dengan tepi yang baik. Nah, pola ini memiliki berbagai macam perbedaan dalam warna koi ini.

Pola ikan ini ada yang putus, ada yang besar dan menyapu. Ikan Koi Kohaku terbaik mempunyai pola yang tidak turun melewati mata serta mempunyai warna putih seperti salju dan warna merah gelap.

Jenis Ikan Koi Sanke

muhamadsafei.com

muhamadsafei.com

Ikan koi sanke memiliki warna yang hampir sama dengan Kohaku yaitu warna merah dan putih. Perbedaan dari kedua jenis ikan koi ini adalah warna hitam disepanjangan punggung ikan koi Sanke

Ikan koi Sanke ini adalah persilangan ikan koi Kohaku dengan Shiro Bekko. Ikan koi Sanke terbaik adalah koi yang tidak memiliki warna hitam di kepala.

Jenis Ikan Koi Showa

ikanhias-yuli.org

ikanhias-yuli.org

Ikan koi Showa ini memiliki 3 kombinasi warna di sisiknya yaitu warna merah, hitam, dan putih. Ikan koi showa ini adalah ikan koi hasil persilangan dari ikan koi shiro Utsuri dengan Kohaku.

Klasifikasi Ikan Koi Bekko

Ikan Koi Bekko adalah ikan koi yang memiliki pola warna hitam di tubuhnya.

Jenis Ikan Koi Shiro Bekko

youtube.com

youtube.com

Ikan koi shiro bekko memiliki warna dasar putih dengan pola warna hitam kecil-kecil. Pola hitam atau biasa disebut (Sumi) pada ikan koi Shiro Bekko haruslah seimbang dan mempunyai tepi yang tajam. Jenis ikan koi Shiro Utsuri dan Shiro Bekko memiliki kemiripan, karena pola ikan ini hampir sama.

Perbedaan antara jenis ikan koi Shiro Bekko dan Shiwo Utsuri yaitu pada Shiro Utsuri memiliki pola warna hitam yang lebih besar hitam sedangkan ada Shiro Bekko hanya memiliki sedikit warna hitam.

Jenis ikan Koi Ki Bekko

ikanhiasblog.blogspot.com

ikanhiasblog.blogspot.com

Ikan koi ki bekko ini adalah jenis ikan koi yang memiliki warna dasar kuning dengan warna hitam diatasny. Seperti halnya ikan koi Shiro Bekko, hanya saja warna dasarnya kuning cerah.

Pola hitam (Sumi) pada ikan koi Ki Bekko haruslah seimbang dan mempunyai tepi (Kiwa) tajam. Jenis ikan ini sangat sulit untuk didapatkan dibangding dengan jenis ikan koi lainnya.

Jenis Ikan Koi Aka Bekko

youtube.com

youtube.com

Ikan koi aka bekko ini adalah jenis ikan koi yang memiliki warna dasar merah dengan pola hitam kecil di atasnya. Warna hitam mempunyai spot yang indah dan menarik.

Klasifikasi Ikan Koi Utsurimono

Klasifikasi ikan Koi Utsurimono adalah ikan koi hitam yang memiliki pola berwarna.

Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

youtube.com

youtube.com

Ikan koi shiro utsuri adalah jenis ikan koi yang memiliki warna hitam dan putih. Pola warna pada jenis ikan koi ini sangat menariik dan unik.

Pada bagian kepala ikan koi Shiro Utsuri terdiri atas dua warna yaitu warna hitam dan putih. Berbeda dengan ikan koi shiro bekko, shiro utsuri adalah ikan koi dengan warna dasar hitam.

Jenis Ikan Koi Ki Utsuri

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Ikan koi ki utsuri memiliki warna dasar kuning dengan warna hitam di atasnya. Pola warna dan kriteria penialiannya sama dengan ikan koi shiro utsuri, hanya saja warna pada Ki utsuri adalah kuning dan hitam.

Jenis Ikan Koi Hi Utsuri

blueridgekoi.com

blueridgekoi.com

Ikan koi hi utsuri adalah jenis ikan koir yang memiliki warna hitam dengan pola warna merah atau orange yang sangat menarik dan unik. Ikan Koi Hi utsuri biasanya memiliki warna orange ketika usia muda dan warna nya akan berubah ketika beranjak dewasa.

Klasifikasi Ikan Koi Asagi

Jenis Ikan Koi Asagi

ikanhiasblog.blogspot.com

ikanhiasblog.blogspot.com

Ikan koi asagi adalah jenis ikan koi yang cukup lama keberadaannya di dunia. Ikan koi asagi adalah ikan koi biru dengan perut berwarna merah, warna merah akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia ikan.

Keindahan koi asagi terdapat pada pola utama yaitu pada sisik yang terlihat seperti pola berupa jaring tipis diatas warna dasar indigo. Idealnya asagi memiliki kepala putih yang bersih.

Jenis Ikan Koi Shusui

koiphen.com

koiphen.com

Ikan koi shusui adalah jenis ikan dari keluarga asagi namun tidak memiliki sisik. Sisik pada ikan koi shusui hanya ada pada bagian punggung saja.

Koi shusui memiliki warna dasar putih yang ditutupi dengan warna merah ataupun orange lebar. Warna sisik idealnya berwarna gelap dan ada pada sepanjang punggung secara lengkap dan rapi. Ikan koi ini juga memiliki kesamaan warna seperti asagi.

Faktor yang membedakan antara Shusui dengan Asagi adalah Shusui mempunyai pola garis disepanjang punggung. Nah, sedangkan Asagi memiliki pla jaring berwarna biru dipunggungnya.

Klasifikasi Ikan Koi Tancho

Jenis Ikan Koi Tancho Goromo

koiphen.com

koiphen.com

Ikan koi Tancho Goromo ini memiliki pola bulat pada bagian kepala yang berupa pola goromo atau anggur.

Jenis Ikan Koi Tancho Kohaku

kodamakoifarm.com

kodamakoifarm.com

Ikan koi Tancho Kohaku adalah jenis ikan koi putih dengan bulatan merah di kepala. Semakin bulat dan tajam makan akan semakin menambah keindahan ikan koi ini.

Jenis Ikan Koi Tancho Goshiki

genkikoi.com

genkikoi.com

Jenis ikan koi tancho ghosiki memiliki warna putih dengan pola warna merah ada bagian atasnya. Selain itu, bagian kepala ikan ini memiliki warna dasar putih kekuning-kuningan dan ada warna kehitam-hitaman pada bagian punggungnya.

Jenis Ikan Koi Tancho Kujaku

youtube.com

youtube.com

Jenis ikan koi Tancho Kujaku memiliki corak seperti ikan koi asagi pada badannya, corak ini memenuhi sisik di kedua badannya. Ciri yang sangat menonjol dari jenis ikan koi ini adalah warna merah berbentuk bulat di kepalanya.

Jenis Ikan Koi Tancho Sanke

youtube.com

youtube.com

Ikan koi Tancho Sanke ini hampir sama seperti kujaku, namun coraknya tidak beraturan. Ciri yang menonjol dari jenis ikan koi ini adalah warna merah berbentuk bulat ada kepalanya.