Larry Page Dan Sergey Brin Perintis Google

Larry Page Dan Sergey Brin Perintis Google – Selain Yahoo !, ada satu label lagi yang menjadi raksasa penyedia layanan Internet di ranah maya, yaitu Google. Perusahaan publik yang berpusat di Mountain View, California, Amerika Serikat, ini adalah pesaing serius dari Yahoo ! yang sempat berkuasa di takhta tertinggi dunia digital, Bahkan, Google pada akhirnya berhasil melampaui kedigdayaan Yahoo ! Survei membuktikan, terhitung bulan Agustus 2007, Google menjadi mesin pencari Web yang paling sering digunakan dengan meraup pangsa pasar sebesar 53%, jauh di atas Yahoo ! yang menempati posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 19,9%.

Larry Page dan Sergey Brin ( Foto @U-Report )

Keunggulan Google adalah penyedia layanan internet ini mempunyai banyak sekali halaman web, bahkan jumlahnya mencapai miliaran. Keunggulan ini menjadi berkah tersendiri bagi para pengguna Google karena memudahkan mereka untuk mencari informasi apa saja yang dikehendaki dengan menggunakan kata kunci dan operator. Selain sebagai mesin pencari data yang pintar, Google juga menyediakan fasilitas pencari gambar, Goggle News ( update berita ), Google Mail ( surat elektronik ), Google Product Search ( situs perbandingan harga ), Google Maps, Google Video, Google Earth, Google Checkout, dan lainnya.

Di balik kehebatan Google, tentunya ada orang – orang yang jauh lebihhebat. Dua nama yang paling pantas disebut sebagai otak dari Google adalah dua sekoli Larry Page dan Sergey Brin. Page lahir pada 26 Maret 1973 di Lansing, Michigan, Amerika Serikat. Sedangkan Sergey Brin adalah anak Rusia, dilahirkan di Moskow pada 21 Agustus 1973. Page dan Brin sama – sama pernah mengalami masa suram saat mereka masih kecil. Page harus kehilangan kasih sayang orang tuanya sejak usia 8 tahun karena perceraian. Sementara keluarga Brin adalah imigran dari Rusia yang mengungsi ke Amerika Serikat karena Perang. Ketika dibawa orang tuanya hijrah ke Amerika, Brin masih berusia 6 tahun.

Sebenarnya, Baik Page maupun Brin, berasal dari keluarga ilmuwan. Ayahanda Page adalah seorang pakar komputer dari University of Michigan dan profesor komputer di Michigan State University, sedangkan ibunda Page bekerja sebagai pengajar program komputer. Demikian halnya dengan keluarga Brin di maan sang ayah adalah doktor Matematika lulusan Universitas Moskow, mewarisi bakat sang kakek yang juga seorang doktor Matematika ternama di Rusia. Ibunda Brin tak kalah hebatnya, sang ibu adalah periset di Badan Luar Angkasa Amerika Serikat alias NASA.

Pertemuan Page dan Brin berawal ketika keduanya kuliah di Stanford University, Amerika Serikat, pada 1995. Cikal-bakal Google adalah sebuah proyek kecil – kecilan yang bernama Sergeyandlarry. Proyek ini dikerjakan dari sebuah kamar kontrakan di Menlo Park, California. Berbekal keyakinan dan kecerdasan otak mereka, Pada 1997 digagaslah Google sebagai perangkat pelayanan Internet.

Tidak disangka, hanya dalam waktu 5 tahun, Google menjelma menjadi mesin pencarian yang paling banyak digunakan orang, bahkan perlahan tapi pasti mengungguli Yahoo ! yang lebih dulu eksis. Pencarian di Google yang lebih cepat dan akurat membuat banyak orang yang memilihnya sebagai perangkat pencari data di Internet.

Tak pelak, kesuksesan Google mengangkat nama Page dan Brin, termasuk dalam hal materi. Majalah Forbes pada 2007 mencatat bahwa Page dan Brin masuk dalam deretan orang terkaya di Amerika Serikat. Setahun kemudian, kekayaan Google ditaksir mencapai 800 Juta Dollar Amerika yang diperoleh dari pemasukan iklan, lisensi dan dari sejumlah pemasukan lainnya berkat kiprah Google di ranah online yang nir batas.

Add Comment