Tips Mencegah Dan Mengatasi Hiperglikemia Setelah Makan

Tips Mencegah Dan Mengatasi Hiperglikemia Setelah Makan – Dalam satu waktu, diabetesi bisa mengalami hiperglikemia usai menyantap makanan. Istilah yang biasa digunakan adalah Post Prandial Hyperglicemia (PPHG) atau Post-Meal Hyperglicemia. Kondisi ini sebenarnya dapat dicegah maupun diatasi dengan mengatur kembali pola makan, olah raga, istirahat, dan dosis obat yang dikonsumsi.

Wanita Sedang Berolahraga Dan Minum Air Mineral ( Foto @U-Report )

Hiperglikemia usai menyantap makanan menjadi fenomena yang sering terjadi pada diabetesi tipe-1 maupun tipe-2. Idealnya, kadar gula darah pascamakan tidak lebih dari 140 mg/dl.

Dalam panduan yang dibuat International Diabetes Federation (IDF), hiperglikemia pascamakan didefinisikan sebagai plasma glukosa lebih dari 140 mg/dL, dua jam setelah menyantap makanan. Hiperglikemia pascamakan disinyalir adalah yang paling bertanggung jawab terhadap munculnya komplikasi penyakit jantung koroner pada penyandang diabetes. Demikian laporan IDF yang diliris pada tahun 2007.

Widi hidayat termasuk diabetesi yang pernah mengalami hiperglikemia pascamakan. “Biasanya memang karena pemilihan makan yang kurang kontrol.” Kata diabetesi tipe-1 yang juga pernah menjadi Pandu Diabetes Nasional pada tahun 2008-2009 itu.

Dalam situasi tertentu, ketika makan di restoran atau kantin misalnya, lalu memesan mi goreng, ia tidak tahu bumbu apa yang digunakan. Seketika ia bisa mengalami kondisi hiperglikemia karena itu, saat hang out dengan teman – teman, Widi lebih selektif dalam memilih makanan, Teman – temannya pun sudah paham dengan hal tersebut, malah tak jarang ikut mengingatkan tentang makanan yang akan dipilih.

Sebenarnya bukan hanya soal pemilihan makanan, dosis insulin yang kurang tepat atau kurang tidur juga bisa mengganggu kadar gula pascamakan. Begitu juga bila telat makan.

KURANGI TEKANAN
Telat makan, tubuh bisa mengalami hipoglikemia. Nah, di saat makan, malah menyantap makanan tidak karuan, kadar gula darah pun bisa melonjak.

Kalau terjadi hiperglikemia usai makan, Widi biasanya menyiasatinya dengan sejumlah cara, ia bisa mengurangi takaran makan pada jam makan berikutnya.

Contohnya, bila ada waktu berikutnya ia biasa minum susu tanpa lemak dan takaran 3 sendok makan, saat hiperglikemia takarannya di kurangi menjadi 1,5 sendok makan susu saja. Atau, usai makan siang ternyata kadar gula darahnya 180 mg/dL, Sore harinya, pir yang bekerja di Bank Jabar ini menyempatkan diri untuk joging selama 30 menit.

TES GULA DARAH MANDIRI
Dalam Journal of The Association of Physicians of India (JAPI), November 2006, konseling tentang asupan makanan, olah raga fisik rutin, dan penurunan berat badan telah direkomendasikan bagi seluruh pasien dengan diabetes, selain itu, tes gula darah mandiri juga sangat diperlukan guna membantu pasien memahami bagaimana pemilihan makanan, ukuran porsi, dan olah raga memengaruhi kadar gula darah.

Tes gula darah mandiri ini juga menjadi komponen penting dari strategi monitor gula darah, yang efektif dalam mendeteksi dan mengelola hiperglikemi pascamakan. Nilai tes tersebut dapat memotivasi pasien untuk menghindari makanan yang menimbulkan masalah, meningkatkan aktivitas fisik guna mengelola penyimpanan hiperglikemia, atau menilai dan menyesuaikan dosis insulin.

BILA HIPERGLIKEMI …
Internasional Diabetes Federation memberikan sejumlah saran bila seseorang mengalami hiperglikemi.

  • Minum lebih banyak air : Air membantu mengeluarkan kelebihan gula dari darah melalui urin dan membantu menghindari dehidrasi
  • Ubah obat – obatan : Petugas kesehatan bisa mengubah jumlah, waktu, atau jenis obat diabetes yang dikonsumsi. Jangan membuat penyesuaian obat – obatan diabetes tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan.
  • Pahami Diet Makanan dan hitung karbohidrat total yang dikonsumsi.
  • Tes gula darah secara rutin.
  • Paham kapan menghubungi petugas kesehatan bila mengalami masalah.

Nah, itulah sobat mengenai Tips Mencegah Dan Mengatasi Hiperglikemia Setelah Makan ini, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk dibantu sharenya ya 🙂 Terima Kasih

Add Comment