Tips Mudah Agar Anak Tak Lagi Mengompol Saat Tidur

Anak yang masih suka mengompol tentunya akan membuat orang tua sedikit kerepotan. Bau pesing akibat ompol tentu akan membuat kita tak nyaman dan terpaksa harus mencuci sprei, serta menjemur kasur yang terkena ompolan buah hati. Tentu hal ini akan sangat merepotkan dan melelahkan jika seringkali terjadi.

Memang tak mudah untuk membuat balita tak lagi mengompol di tempat tidur. Terutama jika balita sudah terbiasa mengenakan diapers dan baru belajar untuk tidak lagi bergantung pada diapers.

Anak juga seringkali susah saat diajari untuk disiplin buang air kecil di kamar mandi saat malam hari sebelum tidur. Namun, bunda harus ekstra sabar dan mencari cara agar si kecil terbiasa untuk buang air terlebih dahulu sebelum tidur agar tidak mengompol.

BACA JUGA : Orang Tua Perlu Waspada, Inilah Bahaya Sering Unggah Foto Anak ke Media Sosial

Berikut beberapa tips yang bisa bunda lakukan agar si kecil tidak mengompol lagi :

• Yang pertama adalah hindari memberi anak minuman apapun 1 jam sebelum ia tidur. Supaya dia tidak kekurangan cairan, pastikan dalam sehari dia sudah mendapatkan cukup minum agar tidak dehidrasi. Air atau banyaknya cairan yang masuk dalam tubuh adalah pemicu utama anak ngompol.

• Selanjutnya bunda harus melatih si kecil untuk buang air kecil sebelum tidur, bisa juga disertai dengan sikat gigi sebelum tidur. Selalu jadikan ini sebagai rutinitas agar anak semakin terbiasa.

• Kadang anak kecil takut dengan kondisi gelap menuju toilet. Jika ini masalahnya bunda harus menyalakan penerangan di sepanjang kamar mandi. Buatlah toilet menjadi tempat yang nyaman, bersih dan wangi agar si kecil tak ogah-ogahan saat akan buang air kecil.

• Anak kecil biasanya malas pergi ke toilet karena takut dengan cerita hantu dan cerita seram lainnya. Ini seringkali membuatnya lebih memilih dimarahi karena mengompol dibanding bertemu hantu saat akan ke toilet. Sebisa mungkin pastikan dia tak mendapat cerita seram atau menakut-nakutinya dengan cerita hantu dan semacamnya.

• Jika diperlukan, ayah/bunda bisa menemani atau mengantar si kecil saat buang air kecil. Mungkin ayah/bunda cukup menunggu di depan pintu toilet agar si kecil tidak takut saat berada di dalam toilet. Dan perlahan, jika si kecil sudah terbiasa, maka ia pun akan berani untuk pergi sendiri ke toilet.

BACA JUGA : Jauhi Main HP Saat Bermain Bersama Anak! Jika Tidak, Ini Bahayanya

Itulah beberapa tips mudah yang bisa ayah/bunda lakukan agar si kecil tidak lagi mengompol saat tidur. Biasakan melakukan hal ini secara rutin dengan penuh kesabaran. Dan dalam kurun beberapa waktu, si kecil pasti tak akan ngompol lagi dan lebih disiplin soal buang air tanpa harus disuruh atau diingatkan. Dengan begitu, tidur pun akan lebih nyenyak dan nyaman. Karena tidur nyenyak sangat penting bagi proses tumbuh kembang anak-anak.

Add Comment