Kandang Panggung Ternak Kambing

Konstruksi Kandang Panggung

konstruksi kandang panggung
Tampak Depan

Kandang sangat penting untuk pemeliharaan kambing. Model kandang yang dianjurkan adalah kandang panggung, selain lebih menjamin kesehatan, kandang panggung yang memungkinkan kondisi lingkungan lebih bersih. Model kandang panggung ada dua yaitu kandang tunggal dan kandang ganda.

Bahan dan ukuran

  • Atap dapat menggunakan genting, seng, asbes atau rumbia. Menggunakan atap genteng lebih baik, karena sirkulasi udara lebih terjamin.
  • Kerangka dapat menggunakan kayu, glugu kelapa atau bambu dengan ukuran : tiang utama dan palang bawah, dari kayu maupun glugu kelapa ukurannya 12 x 12 cm, sedangkan dari bambu dengan diameter kurang lebih 15 cm.
  • Palang tengah, palang atas dan penunjak tegak, bila dari kayu ukurannya 12 x 6 cm dan bila dari bambu dengan diameter kurang lebih 10 cm.
  • Dinding kandang dapat menggunakan papan, kayu usuk, bambu utuh dengan diamter kurang lebih 5 cm. Jarak antara papan atau bambu satu dengan yang lainnya kurang lebih 5 - 10 cm untuk ternak dewasa, sedangkan untuk anak jaraknya lebih rapat. Jarak antara papan atau bambu satu dengan lainnya pada tempat keluar masuknya kepala ternak waktu makan kurang lebih 20 cm.
  • Lantai kandang dapat menggunakan kayu reng ukuran 2 x 3 cm, belahan bambu dengan lebar kurang lebih 5 cm. Jarak antara kayu atau belahan bambu pada lantai kandang kurang lebih 1,5 cm, agar kotoran dan air kencing langsung jatuh ke kolong kandang.
  • Ketinggian kolong kandang 60 cm, manfaatnya sebagai tempat penampungan kotoran, agar sisa pakan, kotoran air kencing tidak berhamburan keluar maka dibuat lubang dengan kedalaman 40 x 50 cm. Pembersihan kolong dilakukan kurang lebih 2 minggu sekali, selnjutnya kotoran diproses menjadi kompos siap pakai.
  • Tempat pakan dari bahan papan atau bambu yang diberi engsel agar mudah dibersihkan.
  • Penyekat kandang diperlukan untuk pemisah ternak menurut status fisiologis¬† (buting, menyusul, sapihan) agar memudahkan dalam pengelolaan, penyekat dibuat agar dapat digeser-geser untuk mengatur kebutuhan ruangan yang diperlukan. Tinggi penyekat 70 - 80 cm.
konstruksi kandang panggung ternak kambing
Tampak Samping

Kebutuhan Ruangan Kambing

No Status Fisiologis Umur (bulan) Ukuran (ekor/cm2
1 Jantan Dewasa >12 100 cm x 120 cm
2 Betina Dewasa >12 100 cm x 120 cm
3 Induk menyusui + jumlah anak (0-3 bln/ekor) >12 100 cm x 100 cm + (jumlah anak x 50 cm x 100 cm)
4 Anak sapihan 3-7 50 cm x 100 cm
5 Jantang/Betina muda 7-12 75 cm x 100 cm
6 Jantang bakalan untuk penggemukan kurang lebih 12 50 cm x 120 cm

Catatan : Ukuran kandang menyesuaikan jumlah ternak yang dipelihara berdasarkan status fisiologis

Leaflet 2009. UP-FMA Desa Candirejo Kecamatan Borobudur - Magelang. Nara sumber : BPTP Jawa Tengah